Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan RSU Aliyah 1 Kota Kendari Tahun 2023

Authors

  • Herdas Herdas STIKes Pelita Ibu
  • Tawakal Tawakal STIKes Pelita Ibu
  • Rania Fatrizza Pritami STIKes Pelita Ibu

Keywords:

Quality of Service, Patient Satisfaction

Abstract

This study uses a quantitative approach with a Cross-sectional design to analyze the quality of health services on patient satisfaction in the outpatient unit of RSU Aliyah 1 Kendari City in 2023. From the results of the study, 58% of patients were satisfied with the quality of service, while 42% were dissatisfied. Chi-square statistical testing showed ρ < α = 0.000 < 0.05, rejecting the null hypothesis and concluding a relationship between quality of care and patient satisfaction. Recommendations to improve the quality of service and performance system at RSU Aliyah 1 are expected to improve the level of patient satisfaction and hospital reputation.

References

Agustina Hasibuan, S., Aulia, D., & Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, F. (2019). The Influence Of Quality Service With The Satisfaction Of Patients In The Infection Of The Disease RSUD Dr. Djoelham Binjai. In Jurnal Kesmas Jambi (Vol. 3, Issue 1). JKMJ.

Ayu, I. G., & Adnyani, D. (2017). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA PERAWAT RAWAT INAP RSUP SANGLAH. 6(5), 2474–2500.

Az-zahroh, Tazkiyatun Nafsh. 2017. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik.

Hidayat, A. A. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Salemba Medika.

Landasan Teori Terkait Variabel, A., & Kesehatan Definisi Pelayanan Kesehatan, P. (n.d.). TINJAUAN PUSTAKA. https://repository.unimus.ac.id

Manajemen, J., & Keuangan, D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur (Vol. 5, Issue 2).

Mayang Sari, D., basri, M., Ode Muhammad Elwan, L., & Kendari -Indonesia, K. (n.d.). KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BPJS PADA RUMAH SAKIT DEWI SARTIKA KOTA KENDARI 1 (Vol. 5). http://ojs.uho.ac.id/index.php/rezpublica

Mita, Kurniawan, F. and Kurniawati, F. (2023) ‘RUMAH SAKIT UMUM BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2023 Mita Program Studi S1 ADM Rumah Sakit Fajar Kurniawan Program Studi S1 ADM Rumah Sakit Fitri Kurniawati Program Studi S1 ADM Rumah Sakit Abstract . The purpose of this research is to improv’, Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 1(1).

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nursalam. (2017). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed.). Salemba Medika.

Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. (n.d.).

Rohmatul Ula, V., Ahsanul Hayat, A., & Ahmad Dahlan Lamongan, I. (n.d.). MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN MELALUI PELAYANAN PRIMA DAN TRUST PASIEN.

Sauria, N. et al. (2024) ‘The role of supervision of the head of room in the application of nursing care standards in inpatient Kendari City Hospital’, Journal of Midwifery and Nursing, 6(1), pp. 281–287.

Setiadi. (2016). Konsep Konsep Dan Praktik Praktik Penulisan Penulisan Riset Keperawatan Keperawatan. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

Undang-undang RI. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANG RUMAH SAKIT.

Yuniarti, S., Irsan, A., Program Studi Keperawatan, M., & Pembimbing, D. I. (n.d.-a). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Tahun 2015.

Yuniarti, S., Irsan, A., Program Studi Keperawatan, M., & Pembimbing, D. I. (n.d.-b). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak Tahun 2015.

Published

02/01/2024